Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

LMO untuk Perkuat Manajemen Kepemimpinan

Kamis, 01 Maret 2012

Selama tiga hari, Senin-Rabu, 27-29 Februari 2012, Organisasi Pelajar Pesantren Qothrotul Falah (OPPQ) Cikulur Lebak Banten Periode 2012-2013 menyelenggarakan Latihan Manajemen Organisasi (LMO), di Lantai II Gedung Baru SMA Qothrotul Falah. Pesertanya khusus siswa-siswi Kelas XI SMA Qohtorotul Falah yang juga pengurus baru OPPQ.

“Kegiatan ini diniatkan untuk menguatkan manajemen kepemimpinan pengurus OPPQ periode 2012-2013, karena kita kan masih sangat belia, sehingga perlu banyak belajar tentang kepemimpinan dari para guru di pesantren ini,” kata Ketua OPPQ Putera, Faiz Apipi tentang kegiatan ini.

Hal serupa disampaikan Ketua OPPQ Puteri, Puput Nadhifah. Menurutnya, pengurus OPPQ yang baru relative belum memiliki pengalaman apapun tentang kepemimpinan atau menangani santri. “Itu sebabnya, kegiatan ini menjadi tambahan bekal bagi kami untuk menjadi pemimpin yang benar-benar mampu menjadi teladan,” ujarnya.

Bagi keduanya, kepemimpinan adalah tugas tak ringan yang karenanya tidak bisa dianggap main-main. Skill dan kapabilitas kepemimpinan penting untuk terus ditingkatkan, sehingga akan muncul pemimpin yang benar-benar layak. “Dengan pelatihan ini, setidaknya kita serius berupaya menjadi pengurus yang terbaik,” kata Faiz.

Lantas, apa saja tema yang diusung dalam kegiatan ini? Menurut Faiz, diantara tema yang menjadi fokus kegiatan ini, adalah, Pemimpin sebagai Pelayan Umat dengan pemateri Nurul H. Maarif, Manajemen Organisasi (Ahmad Turmudzi), Pemimpin sebagai Teladan (Aang Abdurohman), Relasi antara Pemimpin dan Yang Dipimpin (Ahmad Amrullah), dan sebagainya.

Harapan dari penyampaian-penyampaian materi ini, pengurus baru OPPQ akan mendapatkan bekal yang cukup untuk modal kepengurusannya selama setahun ke depan, sehingga mereka akan menjadi pribadi baru yang layak diteladani. “Insya Allah, asal kita mau capek, kita akan menjadi pemimpin yang baik,” tambah Puput.

Menanggapi kegiatan ini, Koordinator Majelis Pembimbing Santi (MPS) Ustadz Aang Abdurohman menyatakan kesetujuannya. “Ini kegiatan yang positif dan harus didukung semua pihak, baik santri maupun guru-guru. Insya Allah banyak manfaat yang akan didapatkan,” ujar Putera Pertama Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah ini. “Dan ini tradisi tahunan bagi setiap pengurus baru,” imbuhnya.

Oke, semoga niatan ini tercapai dan kalian benar-benar menjadi pemimpin yang terdepan dan sukses dalam segala agendanya. Amin! [enha]




0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP