Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

PEMERIKSAAN KESEHATAN SANTRI

Jumat, 14 Januari 2011

Bekerjasama dengan Puskesmas Cikulur, melalui program JPKM, Pondok Pesantren Qothrotul Falah menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan seluruh santri, selama dua hari, Rabu dan Jum’at (12 dan 14/1/2011), bertempat di Ruang Palang Merah Remaja (PMR) SMA Qothrotul Falah. Kegiatan ini merupakan satu dari beberapa paket kerjasama yang telah disepakati kedua belah pihak, semenjak tahun 2010 silam.

Dari pihak pesantren, tampak hadir Ustadzah Dede Sa’adah (Ketua Kerjasama Pesantren dengan Puskesmas), Ustadzah Mulyanis (Pembina PMR-QF) dan beberapa ustadz maupun ustadzah. Sedangkan dari pihak Puskesmas, sebagai pihak pemeriksa kesehatan, tampak hadir Ibu Yuyun, Ibu Retno Wisanti, dan banyak lagi.

Pada kegiatan kali ini, diantara materi pemeriksaan yang dilakukan, adalah pengecekan tekanan darah, pelayanan keluhan-keluhan santri, diagnosa penyakit-penyakit ringan, dan lainnya. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa meningkatkan motivasi kesehatan santri, sehingga mereka menjadi anak-anak yang sehat dan semangat belajar,” ujar Ustadzah Dede Saadah.

Hal serupa diungkapkan Ustadzah Mulyanis, yang tampak telaten mendampingi proses pemeriksaan ratusan santri putera puteri itu. “Selama ini kan pesantren dikesankan tidak bersih atau bahkan jorok. Tentu saja kesan ini tidak tepat sepenuhnya. Melalui kerja sama di bidang kesehatan dengan Puskesmas ini, pesantren ingin berupaya menghilangkan kesan itu. Pesantren sejatinya sangat peduli pada kesehatan santri. Kegiatan ini buktinya,” ujarnya.

“Kegiatan ini juga kian menyadarkan kita semua, khususnya para santri, betapa pentingnya kesehatan. Belajar serius tanpa diiringi kondisi yang fit dan sehat, maka hasilnya tidak akan maksimal, karena seluruh alat-alat pembelajaran dalam tubuh kita tidak akan bekerja maksimal. Namun diakui, dalam hal ini kita harus melakukan peningkatan terus-menerus,” katanya.

Menurut Ustadzah Mulyanis, kegiatan check up umum ini insya Allah akan dilakukan secara berkala, minimal enam bulan sekali atau setahun dua kali. Dikatakannya juga, selain pemeriksaan umum ini, bentuk kerja sama yang diselenggarakan adalah rawat jalan bagi santri yang terkena penyakit ringan, pemeriksaan darah dan sebagainya.

Menjalani pemeriksaan ini, para santri tampak antusias. Mereka ramai berduyun-duyun mengantri di ruang pemeriksaan. Toni misalnya, santri kelas XI IPS asal Cileles Lebak, memeriksakan keluhan di kakinya. “Saya tanya ke dokter perihal keluhan di kaki saya bagian belakang. Oleh mereka diberi penjalasan yang membuat kita kian tahu pentingnya menjaga kesehatan,” ujarnya.

“Kalau bisa kegiatan ini sering dijalankan, biar kita bisa menjaga kesehatan benar-benar. Apalagi kita tidak dipungut biaya mahal, berbeda jika harus check up di tempat-tempat umum lainnya. Semoga juga, kerjasama di bidang kesehatan lainnya bisa ditingkatkan,” imbuhnya. [nhm]

0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP