Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

Pondok Baca Qi Falah Serius Berbenah

Jumat, 16 Januari 2009

DALAM beberapa hari terakhir ini, awak Pondok Baca Qi Falah tengah sibuk mengerjakan pembenahan dan perbaikan fasilitas perpustakaan. Dari membongkar sekat yang memisahkan ruang baca dengan ruang komputer, menata posisi rak, membuat meja baca, dan mendata ulang buku.

Selain itu, mereka juga memasang kipas angin besar untuk kenyamanan pembaca. “Wah, bisa ngadem nih,” seloroh Ustadz Dedi Hudaedi. “Nggak boleh dong! Kita masang kipas angin bukan untuk ngadem, tapi untuk kenyamanan pembaca. Kalau mau ngadem, ya di kebon saja,” sergah Nurul H. Maarif tertawa. Suasana pun riuh rendah penuh keakraban.

Lampu listrik dibikin dobel untuk menambah suasana terang. Tak ketinggalan, rencananya akan dipasangi karpet lantai untuk menambah kenyamanan. Semoga ada dana dan bisa terlaksana. “Kalau begini kita harus semangat membaca nih. Mulai nyaman soalnya,” ujar Koordinator Pondok Baca Qi Falah, Ustadz Agus F. Awaluddin.

Harapannya, dengan kenyamanan yang ada (kendati seadanya, sesuai kadar kemampuan pengelola), semoga para pembaca tetap merasa diperhatikan dan diberi “pil” obat suntuk di perpustakaan. “Dikasih tape untuk mendengarkan musik dong!,” usulan Desy, santri puteri. “Bisa! Kita sambungkan saja dari komputer,” respon Ustadz Ahmad Turmudzi sigap.

Kendati dengan kondisi seadanya, al-hamdulillah mulai terlihat adanya perbedaan suasana dengan sebelumnya. Mudah-mudahan kian hari-kian membaik dan nyaman, sehingga buku-buku sumbangan para donatur bisa dilahap dengan nikmat oleh para pembaca karena kenyamanan suasana.

Hingga kini dan untuk seterusnya, seluruh jajaran Pondok Baca Qi Falah, seperti Ustadz Agus F. Awaluddin, Ustadz Ahmad Turmudzi, Ustadz Ahmad Amrullah, Ustadz Hidayat Rahmat Hantoro, Ustadz Moh. Ridwan, Ustadz M. Subhan, Nurul H. Maarif, Ustadzah Dede Saadah, Ustadzah Dede Mardiah, juga Si Kecial Nilna Dina Hanifa dan beberapa santri, berkomitmen untuk menciptakan suasana perpustakaan senyaman mungkin.

Semoga cita dan asa menciptakan perpustakaan yang hidup, nyaman dan membuat candu bagi para pembaca bisa terlaksana. Tentu dukungan semua pihak menjadi penting dalam hal ini. Amin! [nhm]


0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP