Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

Pengelola Ponpes Darussadah Kunjungi Qi Falah

Senin, 19 April 2010

Sejumlah pengelola Pondok Pesantren Darussaadah (PP DS) Cimarga Lebak Banten mengunjungi Pondok Baca Qi Falah, Ahad(16/4/2010). Dipimpin KH. Pupu Mahfudin, M.Pd, mereka berniat "menimba" ilmu kepustakaan pada pengelola PB Qi Falah. Ini tak lain karena pada tahun ini, pihak pengelola PP DS berniat menyeriusi pengelolaan perpustakaannya yg selama ini tak ditangani secara baik.

Dalam kunjungan ini, mereka dijamu oleh Ketua PB Qi Falah Ahmad Lili, dan pengurus lainnya,
Ahmad Jumaidi dan Abdurahman. Juga ditemani pembantu umum, Nurul H.Maarif.

Diantara hal penting yang disharingkan adalah perihal upaya mewujudkan perpustakaan yang hidup dan menyedot minatbaca santri. Menurut Nurul, yang penting diperhatikan pihak pengelola adalah: pertama, buatlah ruangan senyaman mungkin. Bagaimanapun caranya. "Kalau ada yang sampai ketiduran di perpus, berarti ruangannya nyaman. Minimal buat tidur," katanya.

Kedua, buatlah agenda-agenda kegiatan yang hidup, yang menarik minat pembaca untuk berkunjung. "Ini sangat menentukan kesan pengunjung lho," ujarnya.

Ketiga, carilah bahan bacaan yang variatif, dari sisi tema dan jenrenya. Jika ada 10 anak, yakinlah ada 10 tema yang mereka suka. "Jangan sampai, mereka mencari atau mengharapkan sesuatu yang tidak ada," lanjutnya.

Keempat, membangun jejaring literasi dengan pihak luar untuk pengembangan ke depan. Dan yang tak kalah penting, terus meneruslah melakukan evaluasi ke dalam demi perbaikan yang kontinyu. [nhm]

0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP