Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

SDN 1 Sumurbandung Juara Pertama Cerdas Cermat OPPQ

Selasa, 11 Mei 2010

Untukkali pertama, sejak lima tahun silam, Organisasi Pelajar Ponpes
Qothrotul Falah (OPPQ) menggelar lomba cerdas cermat tingkat SD/MI se-Cikulur Lebak Banten. Lomba yang melibatkan 13 kelompok ini dihelat di Majelis Putera, Senin (10/5/2010) seharian penuh.

Tampak hadir Pengasuh Ponpes Qothrotul Falah KH. A. Syatibi Hanbali, Kasi Pemerintahan Kec. Cukulur Aan Juanda, Kepala UPT Diknas Ohim, Pengawas SD Ali Beni, dewan guru dan para pengunjung.

"Sudah lima tahun kita, OPPQ, tidak menyelenggarakan even seperti ini. Semoga kegiatan ini bisa memicu semangat siswa untuk kian meningkatkan kadar belajarnya," ujar Kepala MTs QF, Tanto Haryanto S.Si, saat memberi sambutan pada kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari
Pendidikan Nasional 2 Mei ini. "Walaupun agak telat," imbuhnya.

Dalam sambutannya, pada kegiatan yang bertema "Di Hari Pendidikan Ini Kita Tingkatkan Ukhuwah dalam Diri Siswa" ini, Pengasuh Ponpes Qothrotul Falah KH. Achmad Syatibi Hanbali
mengungkapkan kebahagiaannya. "Walaupun panitianya masih belum banyak pengalaman, masih siswa semua, namun alhamdulillah berjalan lancar. Ini tentu saja sangat baik untuk kemajuan pendidikan di Kec. Cikulur," ujar Kiai Ibing, sapaan akrab pengasuh.

Kiai Ibing berharap, Cikulur kelak bisa menjadi pusat atau sentral pendidikan di Kab. Lebak. "Ini sangat mungkin terjadi, jika kita semua bahu-membahu bekerjasama dalam hal ini. Apalagi Cikulur baru saja meraih juara pertama olimpiade sains tingkat kabupaten. Ini perlu diapresiasi,"
katanya.

Kasi Pemerintahan Kec. Cikulur, Aan Juanda, dalam sambutannya yang mewakili Camat Cikulur, menyatakan, keberhasilan pendidikan sangat tergantung pada tiga komponen pokok. "Orang tua, guru dan anak didik. Semuanya harus bekerja sama bahu membahu untuk meningkatkan mutu pendidikan anak," katanya berapi-api. "Ini menurut analisis saya lho, bukan mewakili siapa-siapa," sambungnya merendah.

Sedang Kepala UPT Cikulur Ohim, yang diamanahi membuka kegiatan ini berharap, kegiatan ini kian memacu minat pendidikan masyarakat. Apalagi, katanya, kini karakter pendidikan
tengah melemah. "Anak pada orang tua kurang hormat. Sopan santun menurun. Karenanya, saya bersyukur sekali hari ini. Baru kali ini di Cikulur ada lomba cerdas cermat tingkat kecamatan," ujarnya bangga.

Semoga lembaga-lembaga yang lain mengikutinya," harapnya. "Dan mudah-mudahan pendidikan di Kecamatan Cikulur ke depan lebih maju lagi," tambahnya, seraya diamini para hadirin.

Akhirnya, pada cerdas cermat tingkat kecamatan yang diprakarsai oleh aktivis muda pendidikan Lebak semisal Tanto Haryanto, Ahmad Amrullah, Nurhasan Aconk, dan Agus F. Awaludin ini, SDN 1 Sumurbandung berhasil menyabet juara pertama dan kedua. Sedang juara ketiga diraih SDN 1 Cikulur. Mereka pun tampak riang gembira meraih gelar akademis tingkat pemula
ini. Selamat buat yang menang. Semangat buat yang belum menang. Dan, selamat dan semangat buat seluruh yang terlibat. Kapan kita buat agenda yang heboh lagi? (pak kepala)

0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP