Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

KORNET Kemanusiaan Rumah Zakat

Selasa, 02 November 2010

Bekerja sama dengan Pondok Baca Qi Falah, Rumah Zakat Indonesia (RZI) Jakarta Barat menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat berkekurangan di Kecamatan Cikulur Lebak Banten, Kamis (28/10/2010). Bertempat di Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur, mereka menyalurkan Kornet Daging Kurban, timbangan anak, dan penyuluhan kesehatan.

Hadir pada acara yang dihelat di Masjid Qothrotul Falah itu, antara lain, Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah KH. Achmad Syatibi Hanbali, aktivis Pondok Baca Qi Falah, puluhan relawan Rumah Zakat, perwakilan Kecamatan Cikulur, perwakilan Puskesmas Cikulur, dan 300-an warga sekitar.

Dalam sambutannya, Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada RZI, yang mempercayakan pesantrennya sebagai tempat penyaluran bantuan kemanusiaan itu. “Terima kasih banyak, tempat ini dijadikan sebagai penyaluran. Semoga bermanfaat buat orang banyak dan semoga pula ke depan, kegiatan-kegiatan sosial atau kemanusiaan seperti ini bisa terus diselenggarakan,” ujarnya.

Serupa dengan Kiai Ibing – sapaan akrab pengasuh – , pihak Kecamatan Cikulur yang diwakili Drs. Sukra, juga menghaturkan rasa terima kasihnya karena bantuan pada warganya. RZI sendiri merasa senang dengan proses penyaluran bantuan kemanusiaan ini. Bahkan diantara mereka menyatakan, mengumpulkan warga yang berkekurangan di Jakarta tidak mudah, berbeda dengan di Cikulur.

Selain menyalurkan Kornet Daging Sapi dan Kambing, RZI juga menyalurkan 10 timbangan bayi untuk 10 Pos Yandu di Kecamatan Cikulur. Harapannya, bantuan inipun bisa kian memudahkan kerja-kerja kemanusiaan Pos Yandu. Atas bantuan ini, baik warga maupun Pos Yandu, juga mengutarakan rasa terima kasihnya.


“Bahkan banyak warga yang berkekurangan ngegerutu, karena merasa tidak diberitahu perihal penyaluran bantuan ini. Mudah-mudahan ke depan, bantuan yang disalurkan bisa lebih banyak dan bervariasi lagi, sehingga kian banyak warga yang terbantu,” ujar Aktivis Pondok Baca Qi Falah, Ahmad Turmudzi berharap.

Selain itu, RZi juga memberikan bantuan dana ala kadarnya buat Palang Merah Remaja (PMR) Qothrotul Falah. Rencananya, bantuan ini akan dimanfaatkan untuk kepentingan operasional PMR dan agenda-agenda ke-PMR-an lainnya. “Insya Allah, bantuan yang bermanfaat ini akan kami pergunakan sebaik-baiknya untuk kebaikan pula,” ujar Pembina PMR, Mulyanis.

Usai acara kemanusiaan itu, muncul obrolan dan harapan ringan di kalangan beberapa aktivis Pondok Baca Qi Falah, terkait kegiatan kemanusiaan yang mungkin dilakukan pesantren untuk kepentingan masyarakat sekitar. “Andai saja, secara berkala pesantren ini bisa melakukan kegiatan kemanusiaan, tiga bulan sekali misalnya, dengan menggandeng lembaga-lembaga sosial baik lokal maupun nasional, kayaknya pesantren ini akan bermanfaat buat orang banyak. Ini harus direncanakan ke depannya, biar pesantren tidak hanya memikirkan dirinya sendiri,” usul Kang Turmudzi.

“Hayalan” ini, ujarnya, tidak mustahil dilakukan asalkan ada niat, keseriusan dan keistiqamahan semua pihak. “Dan Allah SWT sudah membukakan pintunya melalui kegiatan sosial atas isiniasi Rumah Zakat Indonesia ini,” sambungnya.

“Malahan, bagus juga tuh, jika pesantren ini ke depan mempunyai tim kepedulian sosial, yang khusus berfikir dan bekerja khusus untuk kegiatan kemanusiaan ini. Kenapa tidak?” timpal Bunda Nilna. Hayoooo! [nhm]



1 komentar:

Anonim mengatakan...

nih kgatan bgus...org ngrasain mnfaatnye...mg k dpn lbh byk lg kgitan ssoialnye...pngggemar


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP