Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

Hibah Buku untuk PBQF dari IKAPI

Sabtu, 22 Mei 2010

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jakarta dan Forum Indonesia Membaca meluncurkan program Gerakan Hibah Buku dalam rangka Hari Buku Nasional 2010 yang jatuh pada setiap tanggal 17 Mei.

Program ini merupakan aksi kepedulian dari penerbit dan masyarakat Indonesia untuk mendukung upaya-upaya fasilitasi kegiatan membaca yang dilakukan oleh taman bacaan masyarakat dan perpustakaan komunitas. Gerakan hibah buku itu didorong pentingnya distribusi dan akses yang merata terhadap segala jenis buku bacaan.

"Masih sangat banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa mendapatkan kemudahan untuk memperoleh buku bacaan," kata Hikmat Kurnia dari Ikapi Jakarta, Rabu (19/5/2010).

Pengumpulan buku dari masyarakat, jelas Hikmat, bisa berupa buku baru maupun bekas. Buku yang sudah kita baca dan menumpuk di rumah itu bisa jadi adalah buku baru bagi orang lain, karena hakikat dari buku baru adalah buku yang belum dibaca oleh seseorang.

Ikapi Jakarta dan Forum Indonesia Membaca menargetkan empat ribu judul buku akan dihibahkan pada sejumlah taman bacaan masyarakat yang memenuhi persyaratan. Sampai saat ini, data dari Forum Indonesia Membaca menyebutkan telah ada sepuluh komunitas buku yang memenuhi persyaratan sebagai penerima hibah buku.

Buku-buku dari Gerakan Hibah Buku akan disalurkan ke Kampung Buku (Cibubur), Rumah Baca Zhaffa (Manggarai), Komunitas Pendidikan Proklamasi (Menteng), Taman Bacaan Anak Rumah Poestaka (Cengkareng), Sanggar Daun(Lenteng Agung), Pondok Baca Qi Falah (Banten), Taman Bacaan Alfabet (Depok), Rumah Baca Istana Rumbia (Wonosobo), Sanggar Anak Merdeka (Solo),dan Pondok Baca Sorpring (Cepu).

Dessy Sekar Astina, Manajer Program Forum Indonesia Membaca, mengatakan program ini bertujuan mengajak peran serta masyarakat. "Kami hanya menjadi penghubung antara pemberi dan penerima hibah. Ini murni gerakan solidaritas dari dan untuk masyarakat," ujar Dessy.

Para pemberi hibah nantinya tidak harus mengirimkan buku-buku mereka melalui Forum Indonesia Membaca. Para pemberi hibah juga bisa menyalurkannya ke taman bacaan masyarakat yang terdekat.

Gerakan Hibah Buku akan berlangsung sampai dengan tanggal 25 Mei 2010. Masyarakat yang ingin menghibahkan buku-bukunya dapat mengubungi Forum Indonesia Membaca di email gerakanhibahbuku@indonesiamembaca.org.

Bagi masyarakat yang ingin langsung berpartisipasi, untuk daerah Jabodetabek bisa menyerahkannya di Times Bookstore se-Jabodetabek atau di Museum Bank Mandiri.

Sumber: Kompas, Rabu 19 Mei 2010

Berita lainnya dapat dilihat di:
TVOne
Bisnis Indonesia

0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP