Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

Wawancara dengan Ahmad Turmudzi
“Perpustakaan Menumbuhkan Ruh Intelektualisme Santri”

Senin, 12 Desember 2011

Ustadz Ahmad Turmudzi (UT), yang juga Ketua Pondok Baca Qi Falah, telah menyelesaikan tugas skripsinya untuk kelengkapan meraih gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I.), dari STAI La Tansa Mashiro Rangkasbitung. Ujian munaqasah yang diselenggarakan Jum’at, 9 Desember 2011 di STAI La Tansa ini berjalan lancar. Diuji oleh DR. Khudori, KA dan Acep Tata Djuanda, M.Pd., alumni Ponpes Qothrotul Falah ini meraih yudisium sangat memuaskan. Wisudapun tinggal menunggu hari.


Dengan judul Pengaruh Pondok Baca Qi Falah Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SMA Qothrotul Falah Cikulur, UT – sapaan akrabnya – ingin menunjukkan peran penting Pondok Baca Qi Falah dalam meningkatkan minat baca para santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah. Bagaimana perasaannya setelah dinyatakan lulus oleh tim penguji dan apa inti skripsinya, berikut petikan wawancara dengan www.qothrotulfalah.com, Ahad, 11 Desember 2011, usai dilantik sebagai Pengurus KNPI Kec. Warunggunung.

Anda telah dimunaqasah dengan hasil memuaskan. Bagaimana perasaan Anda?
Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT atas terselesaikannya skripsi ini. Kurang lebih sebulan, saya berkonsentrasi penuh mengerjakan skripsi ini selesai pada waktunya. Al-hamdulilah, inilah hasilnya, skripsi dimunaqasah dengan hasil memuaskan, walaupun itu masih belum sesuai harapan saya. Saya ingin lebih dari itu sebetulnya. Tapi inilah usaha maksimal yang bisa saya lakukan.

Bagaimana prosesi jalannya munaqasah?
Sidang munaqasah saya diuji oleh penguji-penguji senior, berbeda dengan yang lainnya. Awalnya saya agak gemetaran juga. He... Oleh penguji pertama, saya diberi waktu lima menit untuk berbicara mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, kerangka berpikir, metode penelitian, sampai pemilihan judul. Lantas penguji melontarkan pertanyaan dari apa yang saya sampaikan lewat skripsi ini. Al-hamdulilah pertanyaan itu bisa saya jawab sebaik mungkin yang saya bisa.

Apa harapan Anda setelah menjadi S.Pd.I.?
Satu tangga proses pendewasaan diri telah terlewati dengan meraih gelar S.Pd.I. Harapannya, mudah-mudahan hal ini manfaat, sesuai trilogi perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pengabdian ini yang akan membawa kemanfaatan bagi masyarakat.

Inti skripsi yang Anda angkat apa?
Dalam skripsi yang saya tulis, saya mengangkat masalah rendahnya minat baca siswa, yang disebabkan beberapa faktor. Makanya, perlu ada terobosan baru bagi sekolah. Salah satunya melalui pemberdayaan perpustakaan. Nah, perpustakaan yang saya jadikan obyek penelitian adalah perpustakaan sekolah Pondok Pesantren Qothrotul Falah yang bernama Pondok Baca Qi Falah. Saya meneliti, sejauh mana pengaruh keberadaan Pondok Baca ini, kaitannya dengan peningkatan minat baca siswa Pondok Pesantren Qothrotul Falah.

Hasilnya?
Dari penelitian skripsi ini, Pondok Baca Qi Falah mempunyai pengaruh sebesar 34,81% untuk meningkatkan minat baca siswa dan sisanya 61,19 % berhubungan dengan faktor lain yang perlu diteliti lebih jauh.

Apa harapan Anda pada para santri, kaitannya dengan Pondok Baca Qi Falah dan tradisi membaca mereka?
Harapan saya, supaya para siswa terus menggunakan Pondok Baca ini, tidak sebatas untuk kegiatan membaca, tetapi untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Sehingga Pondok Baca ini bisa menjadi pusat kajian para santri. Ruh intelektualisme santri diharapkan tumbuh dari ruang baca ini.[]


0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009



  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP