Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

Siapkan UAS dengan “Mengemil”!

Jumat, 25 November 2011

Kepala SMA Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, Nurul H. Maarif, mengingatkan kepada siswa-siswi MTS dan SMA Qothrotul Falah untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian AKhir Smester (UAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012, yang akan delenggarakan 5 s.d. 11 Desember 2011, semaksimal mungkin.

“Pelajari seluruh materi yang telah diajarkan sejak hari pertama masuk sekolah dengan mengemil,” ujarnya.

Apa maksudnya? NHM menjelaskan, istilah mengemil kaitannya dengan belajar, tertera dalam buku Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza karya Hernowo, terbitan Mizan Bandung. Pada intinya, belajar itu hendaknya dilakukan sebagaimana kita “ngemil” makanan kecil. “Dikit-dikit, santai, rileks, lama-lama juga akan banyak yang kita dapatkan,” katanya.

Ibarat makan, kata NHM, kita tidak bisa menghabiskan makanan satu piring dalam sekali telan. Karena mulut, tenggorokan dan kerongkonan kita tidak memungkinkan melakukannya. Jika ini dilakukan, kebahayaan yang akan kita dapatkan. “Makanya, makan itu sesuap, sesuap, lalu sesuap lagi, sehinggga makanan sepiring bisa dihabiskan. Bahkan bisa nambah. Nggak bisa sekali telan selesai,” ujarnya.

Demikian halnya dengan belajar. Materi yang telah diajarkan begitu banyak, sehingga tidak mungkin dihabiskan dalam waktu semalam. “Memahami materi yang banyak itu juga harus diemil. Tidak bisa sekali telan,” harapnya. “Dengan begitu, kita bisa maksimal mempersiapkan UAS,” imbuhnya.

Selain itu, NHM berharap, hendaknya para siswa-siswi menggantungkan keberhasilannya pada upayanya yang dilakukan. “Jangan gantungkan keberhasilan kalian pada guru, wali kelas, atau yang lain. Kalian sendiri yang bisa menentukan, karena yang lain hanya membantu saja,” imbuhnya.

NHM lantas mengutip salah satu ayat al-Qur’an yang menyatakan bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sehingga mereka sendiri yang mengubahnya. “Ayat ini menunjukkan, kadar keberhasilan banyak tergantung di tangan kita, kendati puncak penentuannya ada di tangan Allah SWT,” ungkapnya.

Semoga saja, UAS yang diniatkan untuk mengukur kadar keterserapan materi oleh para siswa ini bisa berjalan lancar dan sesuai target yang dicanangkan.[enha]


0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP