Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

Kakak Kelas Harus Ayomi Adik-adiknya

Senin, 10 Oktober 2011


Pembina Upacara Bendera, Tanto Haryanto S.Si, meminta kakak-kakak senior baik SMA maupun MTs Qothrotul Falah untuk mengayomi sekaligus membimbing adik-adiknya yang lebih muda menuju kesuksesan.

“Kakak kelas sebagai yang lebih tua, harus belajar mengayomi adik-adik kelasnya. Kelas 3 mengayomi kelas 2, kelas 2 mengayomi kelas 1. Kakak kelas juga harus sabar,” kata Kepala MTs Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten ini saat menyampaikan amanatnya, Senin (10/10/2011) pagi. Tampak hadir para dewan guru, baik MTs maupun SMA Qothrotul Falah.

Dikatakan lelaki asal Arjawinangun Cirebon ini, setiap adik kelas memiliki karakter yang beragam, juga keinginan yang berbeda-beda. “Di sinilah kakak kelas dilatih menghilangkan egonya,” pesannya. “Misalnya, ketika adik kelasnya main tenis meja, bulu tangkis, atau futsal, maka yang lain harus ngantri, termasuk kakak kelasnya,” imbuhnya menyindir.

Jangan sampai, katanya, mentang-mentang kakak kelas itu usianya lebih dewasa, lantas tidak menghargai adik-adik kelasnya. “Di sini yang berlaku bukan hukum rimba. Kita ini diikat secara kekeluargaan,” ujarnya. “Sebaliknya, adik-adik kelas juga harus nurut aturan dan jangan ngeyel. Ini namanya timbal balik,” sambungnya.

Selain menyinggung soal ayom-mengayomi, Pak Tanto juga meminta kepada guru dan para siswa untuk saling belajar. “Yuk kita sama-sama belajar untuk mencapai kesuksesan. Caranya, siswa menerima ilmu, guru membimbing.,” katanya.

Dikatakannya, untuk mencapai kesuksesan, maka kita harus mengerti dan memahami siapa diri kita. “Kalau ingin bahagia, kenalilah diri kita. Misalnya, di sini kita sebagai siswa, maka ikutilah ketentuan yang berlaku di lembaga ini,” ujarnya. “Yang pasti, pembelajaran itu tidak harus di ruang kelas, tapi juga dengan mengenal siapa diri kita,” sambungnya.

Dengan tinggal di lembaga boarding school, menurutnya, maka peluang menuju kesuksesan itu lebih terjamin lagi, karena keteraturan dan kontinuitas bimbingan yang berlangsung.[enha]


0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP