Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

Santri Libur Panjang Lebaran

Senin, 15 Agustus 2011

Santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, akan menjalani liburan panjang pada Idul Fithri 1432 H ini. Setidaknya, mereka akan bersama keluarganya selama 20 hari, terhitung sejak 19 Agustus hingga 9 September 2011. Hal ini diputuskan berdasarkan rapat dewan guru di Ruang Majelis Pembimbing Santri (MPS) PondokPesantren Qothrotul Falah, Senin (14/8/2011) sore.

Dengan demikan, mereka akan kembali aktiv menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) baik MTs, SMA, maupun Madrasah Diniah, mulai Sabtu, 10 September 2011. “Pada 10 September itu kita akan mengadakan kegiatan halal bi halal, dengan berbagai agendanya. Ini sekaligus memperingati momen Idul Fithri,” ujar Koordinator MPS, Ustadz Aang Abdurrahman, S.E.

Selain menentukan durasi libur lebaran, rapat juga memutuskan kapan selesai pengajian pasaran, jadual kepulangan dan kedatangan santri, juga siapa yang akan menjadi khatib pada Idul Fithri 1432 H kali ini. “Seperti yang sudah-sudah, khatib idul fithri atau idul adha kan dari para guru. Mereka ditunjuk secara bergiliran,” imbuh putera Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah ini.

Atas keputusan ini, dewan guru menyetujuinya dan tentunya santri senang, karena akan bisa berlama-lama bersua dengan orang tuanya. “Namun harus diingat, liburan bukan kesempatan untuk menghabiskan waktu. Liburan harus tetap diisi oleh kegiatan akademis yang bermanfaat,” harapnya.

Sebelum dipulangkan, mereka diwajibkan khatam al-Qur’an sebagai password perizinan. Juga harus menghafalkan juz ‘amma. “Ini tradisi pesantren kita. Jadi, kepulangan mereka tidak begitu saja, namun harus melewati prosedur akademis yang ditentukan,” ujar Bunda, Pembimbing Santri Puteri.

Okelah, selamat berlibur. Semoga menyenangkan dan tetap mendatangkan manfaat.[enha]


0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP