Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

REFRESHING PLUS RAPAT TAHUNAN

Jumat, 01 Juli 2011


Selama dua hari penuh, dewan guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak Banten, mengadakan refreshing plus rapat tahunan, Sabtu-Ahad, 25-26 Juni 2011, di Pantai Carita Banten. Selama dua hari itu, mereka bermarkas di Villa Sambolo Carita.

Agenda tahunan ini berbeda dengan yang sudah-sudah. Pertama, biasanya tidak pernah ada agenda menginap, namun kali ini menginap di tubir pantai nan indah itu dengan deburan ombak yang mengingatkan pada kekuasaan-Nya. Kedua, refreshing tahunan biasanya hanya diniatkan sebagai ajang
melepas lelah dan penat saja. Namun kali ini, refreshing ini juga digunakan sebagai forum rapat tahunan, untuk membahas AD/ART, peraturan santri dan program kerja tahunan dewan guru.

“Saya senang melihat kegiatan tahunan ini. Insya Allah ini akan sangat bermanfaat. Apalagi seluruh dewan guru saya lihat kompak dan semangat,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah, KH. Achmad Syatibi Hanbali dalam sambutannya.

Dalam sambutannya itu, Kiai Ibing – sapaan akrab pengasuh – juga berharap kerja keras para guru untuk memajukan pondok pesantren ke depan. “Saya optimis, jika kebersamaan seperti ini bisa dijaga terus, pondok kita akan lebih baik lagi ke depan. Pondok ini maju bukan karena saya, tapi kita semua.
Makanya, saya berharap momen ini terus terjaga,” ujarnya menambahkan.

Memang benar, di sana dewan guru mencurahkan segala pikiran dan tenaganya untuk membuat agenda setahun ke depan Ponpes Qothrotul Falah. Dan al-hamdulillah, terbuatlan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), peraturan santri dan juga program kerja setahun. Bahkan, usai kepulangan dari sana, serentetan musyawarah masih terus dilakukan di asrama untuk kian memantapkan perjalan pondok setahun ke depan.

Asyiknya lagi, kendati pikiran dan tenaga terforsir untuk membuat agenda pesantren, namun refreshing tidak ditinggalkan. Sedatangnya di lokasi pada siang Sabtu, dewan guru langsung makan liwet bersama-sama di tubir pantai. Lalap petai, bakar ikan, dan lalapan lain menjadi menu yang kian meriangkan suasana.

Usai makan bersama, siang itu juga sampai sore menjelang maghrib, dewan guru bersenang-senang di pantai; ada yang berenang dengan menyewa ban, ada yang main bola, ada yang naik Banana Boat, ada yang sekedar duduk-duduk di tepi pantai sembari menunggu sanset datang, dan banyak lagi. Asyik deehhh….

Malam harinya, rapat tahunan dimulai sejak pukul 20.00 WIB diiringi deburan ombak dan angin dingin yang bikin suasana kian khidmat, hingga ditutup pukul 12.00 dengan pembahasan AD/ART. Lantas, bobo bersama, di ruang yang berbeda-beda tentunya. Pagi harinya, setelah shubuh, kegiatan refreshing dilakukan lagi. Ada yang renang, main bola, lari-larian, dan banyak lagi. Pukul 09.00 WIB rapat kembali dilanjutkan untuk membahas peraturan pondok dan program kerja dewan guru. Al-hamdulillah, pada pukul 12.30 WIB semua berhasil dituntaskan. Dan setelah itu, refreshing kembali dilakukan. Baru sekira pukul 14.00 mereka come back ke pondok.

“Ini rapat tahunan yang luar biasa. Berkesan sekali. Baru kali ini kita terpuaskan dalam banyak hal; ya refreshingnya dan rapatnya yang maksimal,” ujar Ustadz Agus Faiz Awaluddin, Guru Teladan 2011. “Jarang lho kita rapat seserius ini. Malah setiap selesai rapat, kita tepuk tangan tanda kepuasan dan optimisme,” sambung Ustadzah Mulyanis.

Okelah Pak Bu, sukses atas agenda tahunannya. Semoga apa yang dihasilkan di Carita, bisa dibawa ke pondok dan menjadi sesuatu yang positif ke depan. Semoga juga, tradisi indah ini terus bisa diselenggarakan dengan format yang lebih bagus lagi. Oh ya, makasih Pak Sulis yang telah hadir beserta keluarganya.[enha]



0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP