Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

Kemah Akbar 2010
Kegiatan Out Bond Jadi Menu Favorit

Jumat, 14 Januari 2011

Selama tiga hari, Jum’at-Ahad (31 Desember 2010-2 Januari 2011), santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur Lebak menyelenggarakan Kemah Akbar di Bumi Perkemahan (Buper) Pasir Kopo Cibuah Lebak Banten. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap akhir tahun, sebagai agenda penutup tahun dan penanda datangnya tahun baru.

Kemah Akbar kali ini, bahkan diselenggarakan bertepatan dengan malam tahun baru Masehi 2011. Ini membuat suasana Buper kian ramai dan gempita, apalagi diiringi bunyu-bunyian terompet penanda pergantian tahun oleh masyarakat sekitar. “Kemah kali ini ramai sekali. Pas malam tahun baru, semua tidak tidur dan ramai-ramai meniup terompet,” kata Dimyati, Bantara baru SMA Qothrotul Falah yang turut pada kegiatan itu, dibenarkan rekan-rekan lainnya.

Untuk mendampingi mereka, tampak hadir dewan guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah. Semisal Ustadz Ahmad Amrullah, Pak Nurhasan, dan Pak Herdiana, yang tidak pernah alfa pada setiap kegiatannya. Tampak juga Pak Tanto Haryanto (Kepala MTs Qothrotul Falah), Ustadz Agus Faiz Awaludin, Ustadz Udong Khudori, Bu Nur Jannah, Ustadz Ahmad Turmudzi, dan masih banyak lagi. Bahkan para senior yang sekarang sibuk di luar pesantren seperti Drs. H. Suparto (pengawas Diknas Lebak), Drs. Puspito (Waka Kurikulum SMAN 1 Warunggunung) dan Ade Bujhaerimi, S.Pd.I. (anggota KTP Lebak), juga tampak menyambangi Buper.

Selain kegiatan malam tahun baruan itu, Kemah Akbar juga diisi kegiatan lainnya, semisal perlombaan kecerdasan, ketangkasan, juga tausiah oleh guru-guru Pondok Pesantren Qothrotul Falah, baik tausiah keagamaan maupun tausiah lingkungan alias kealaman. Sedangkan lomba-lomba yang diselenggarakan, antara lain, lomba pentas seni, cerdas cermat, tiup balon, tebak-tebakan, dan banyak lagi.

Diantara kegiatan Kemah Akbar yang menjadi menu favorit para peserta adalah out bond, terutama playing fox (terbang di atas kawat dari ketinggian) yang diarsiteki Ustadz Amru dan Mang Dobler. “Tujuan kegiatan ini untuk membangkitkan nyali atau keberanian anak-anak. Sehingga diharapkan, mereka sebagai pramuka tidak kecut melihat tantangan yang ada di depannya. Dan al-hamdulillah, semuanya berani dan bahkan senang menjalaninya,” ujar Ustadz Amrullah yang juga Pembina ini senang, kendati raut mukanya menampakkan kelelahan.

Tidak hanya santri-santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah yang menjajal adrenalinnya, melainkan juga siswa-siswi bantara SMAN 1 Cikulur. Dikomandani Pak Tanto, mereka diboyong ramai-ramai untuk mencoba nikmatnya terbang melintasi kawat dari ketinggian. Rata-rata responnya positif dan semua menampakkan kegembiraan, kendati saat itu suasana hujan menjadikan pakaian mereka belepotan lumpur.

“Asyik dan menyenangkan. Sayang cuma sekali. Padahal masih pingin lagi lho. Tapi kan harus bergantian dengan ratusan peserta lainnya,” ujar Rohim, Bantara baru kelas XI IPA SMA Qothrotul Falah.

Pada Ahad sore, merekapun ramai-ramai kembali ke Pondok Pesantren Qothrotul Falah untuk kembali menjalani kegiatan sekolah dan pesantren sebagaimana biasanya. Pokoknya, terima kasih banyak kepada seluruh kru yang berjuang keras mensukseskan kegiatan rutin tahunan ini. Sukses! [nhm]





0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP