Baca! Baca! Baca! Lalu, jadilah Anda orang yang berperadaban!

CCT KEHIDUPAN NABI SAW

Selasa, 16 November 2010

Pondok Baca Qi Falah, Jumat (12/11/2010) pagi kembali menggelar Cerdas Cermat Tematik (CCT), dihadiri oleh para santri Pondok Pesantren Qothrotul Falah Cikulur putera dan puteri. Kali ini, tema yang diusung seputar kehidupan Nabi Muhammad SAW; sejak kelahiran hingga kemangkatannya.

Acara yang dipandu oleh aktivis PB Qi Falah, Ahmad Fathoni, Ahmad Dimyati, Moh. Bahri, Ima Halimah, Yessi, dan kawan-kawan ini, berlangsung gayeng dan menyenangkan. Para peserta antusias berebut pertanyaan yang dilontarkan, karena setiap jawaban yang benar akan diganjar sebungkus kue ala kadarnya.

Itu sebabnya, setiap pertanyan yang muncul senantiasa terjawab dengan baik, karena masing-masing peserta berupaya memberikan jawaban yang tepat, sehingga hadiah didapat. “Ramai sekali. Ini membuat kita segar dan fresh. Belajar harusnya ya begini,” ujar Toni.


Anak-anakpun tak kalah girangnya. “Lumayan lah. Kita bisa belajar sambil menikmati hadiah kue. Bagusnya sih kuenya diperbanyak dan hadiahnya dibuat kian beragam. He..” ujar Anton Sugriwo, seorang peserta. Ton, emang modalnya berlebihan?

Niatan awalnya, kegiatan CCT ini memang disetting sebagai wahana belajar sambil santai. Pertanyaan yang dilontarkan, baik terjawab maupun tidak, lalu akan diberikan penjelasan (syarah) seperlunya untuk meluaskan wawasan peserta. Sehingga diharapkan, yang muncul tidak semata tanya jawab, melainkan elaborasi permasalahan yang dilontarkan secara lebih lebar. “Ini akan membuat anak belajar tanpa menyadarinya,” ujar Kang Turmudzi, sang penggagas.

Semoga Kang Tur, ke depan, agenda-agenda belajar sambil nyantai ini terus berlangsung dan bisa meningkatkan kualitas pertanyaan dan kuantitas hadiahnya. Sehingga anak-anak kian terpandaikan, secara tidak disadari. Tidak mustahil, kan? Tul, asalkan didukung oleh semua pihak, baik moril maupun materiil.[nhm]

0 komentar:


Bulletin Qi Falah edisi 06/1/2009

  © Blogger template Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP